6 Cara Agar Payudara Tak Kendur Setelah Hamil


Payudara kendur sering menjadi kekhawatiran ibu yang hamil dan menyusui. Ini pun kerap menjadi alasan sebagian wanita yang tidak mau menyusui anaknya. Padahal ada beberapa cara agar payudara tak kendur setelah hamil dan menyusui.

Payudara kendur sebenarnya sebagian besar disebabkan karena pengaruh genetik. Kondisi ini juga normal terjadi pada wanita tua karena melorotnya jaringan payudara, terlepas apakah wanita tersebut pernah melahirkan atau tidak.

Namun bukan berarti mencegah atau memperlambat proses pengenduran payudara adalah hal yang mustahil. Bahkan, wanita bisa melakukan beberapa cara untuk menjaga payudara tetap kencang, termasuk setelah melahirkan dan menyusui.

Berikut beberapa cara agar payudara tak kendur setelah hamil, seperti dilansir Livestrong, Senin (15/8/2011):

1. Pilih bra yang tepat.
Kenakan pakaian yang mendukung selama kehamilan. Melindungi payudara dari pengenduran dimulai sebelum bayi lahir. Seiring proses kehamilan, payudara akan menjadi lebih besar. Ikutin pertumbuhannya dengan membeli bra yang lebih besar. Bertahan dengan bra yang tidak pas akan menyebabkan ketidaknyamanan dan tidak akan memberikan dukungan yang tepat pada payudara.

2. Memantau pertambahan berat badan selama kehamilan.
Menurut Mayo Clinic, kenaikan berat badan 11 sampai 16 kg merupakan kenaikan berat badan sehat yang terjadi pada ibu hamil. Jika kenaikan berat badan ibu hamil melebihi jumlah tersebut, maka kelebihan berat badan akan menyebar ke seluruh tubuh, termasuk payudara. Semakin besar berat badan yang naik saat hamil, makin banyak proses pengenduran yang terjadi pada payudara.

3. Menjaga kulit tetap lembab.
Menjaga kelembaban kulit dapat menjaga kulit tetap lentur sehingga mencegah kekenduran payudara.

4. Siapkan beberapa bra setelah melahirkan.
Pada saat Anda menyusui, payudara akan mengalami perubahan ukuran secara bertahap. Ketika bayi masih muda dan sering menyusui, payudara relatif lebih besar. Kemudian pada saat bayi mulai menambah makanan padat, payudara akan kembali ke ukuran sebelum hamil. Namun jika Anda tidak menyusui, jangan harap payudara akan kembali normal dengan segera.

5. Kurangi berat badan secara perlahan.
Jangan buru-buru menurunkan berat usia melahirkan karena bisa mempengaruhi elastisitas kulit. Agar payudara tetap kencang usai melahirkan, turunkanlah berat badan secara perlahan.

6. Lakukan olahraga yang mengencangkan payudara.
Olahraga seperti angkat beban dapat memperkuat otot-otot yang mendukung dada dan punggung. Berolahraga tidak hanya membantu Anda menurunkan berat badan dan mengurangi stres, tetapi juga dapat memperkuat otot-otot yang mendukung jaringan payudara, otot-otot di punggung, yang membantu Anda untuk berdiri tegak.

Sumber: http://m.detik.com/read/2011/08/15/070716/1703604/764/agar-payudara-tak-kendur-setelah-hamil?hlight

6 Tanggapan

  1. kalau payudara seperti di atas ya pasti ngak kendur kendur

  2. pingin donk pegang,,,,tetek sperti yg di atas??????????????

  3. ANDAINYA DIA ADA DIDEKAT AKU UDA AKU REMES2 THU

  4. pengen dech punya payudara kxk xg d’atas

  5. Mau dong😀

  6. Pngen pgg tetek yg ada d atas tu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: