Kehamilan Remaja “Menular”


TREN kehamilan dini pada remaja tampaknya ‘menular’. Setidaknya hal itu tecermin pada sebuah studi yang telah menemukan bahwa adik perempuan cenderung mengikuti langkah yang diambil saudara mereka yang lebih tua.

Ketika seorang kakak menjadi seorang ibu dalam usia remaja, adiknya dua kali lipat lebih mungkin untuk melakukan hal yang sama. Peneliti Bristol menamai kondisi ini sebagai ‘efek rekan’. Bila tak ditangani, jumlah ibu remaja bisa meningkat drastis. Efeknya lebih kuat ketika saudari mereka berusia tak jauh dari mereka, serta faktor kemiskinan.

Adapun faktor pendidikan memang akan memperkecil risiko itu, tetapi penelitian ini menemukan bahwa efek tersebut paling banyak terjadi di usia sekolah. Profesor Carol Propper, seperti dikutip dari The Telegraph, Selasa (9/8), mengatakan, “Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa latar belakang keluarga dan pendidikan anak perempuan menurunkan kemungkinan kehamilan remaja. Namun, temuan ini menunjukkan faktor persaudaraan memperbesar risiko kehamilan dini.”

Ia menyimpulkan, “Temuan ini memberikan bukti kuat bahwa efek menular kehamilan dini lebih disebabkan faktor persaudaraan, bukan pendidikan. Ini menunjukkan bahwa diperlukan kebijakan pencegahan yang mungkin diperlukan untuk mengurangi kelahiran remaja.”

Analisis ini didasarkan pada data sensus dari 42 ribu perempuan Norwegia yang lahir setelah Perang Dunia II. Kebanyakan dari mereka melahirkan pada 1970-an dan 1980- an.

Penelitian ini merupakan kolaborasi dengan akademisi di Universitas Bergen di Norwegia dan telah diterbitkan untuk Bristol University’s Centre for Market and Public Organisation.

Sumber: http://m.mediaindonesia.com/index.php/micom/sehat_read/2011/08/12/4346/5/Kehamilan_Remaja_Menular_

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: