6 Makanan Penghilang Sakit Kepala


Sakit kepala memang kerap menyerang siapa saja. Tak jarang sebagian orang banyak mengonsumsi berbagai macam obat-obatan untuk meredamnya.

Padahal, selain obat-obatan medis, makanan pun juga bisa menjadi peredam sakit kepala asal dikonsumsi dalam batas wajar. Apa saja?
Berikut 6 makanan tersebut:

1. Almond
Magnesium bisa menghilangkan sakit kepala dengan membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks. Penderita migren juga bisa mengandalkan diet magnesium. Almond mengandung banyak magnesium seperti alpukat, nasi merah dan kacang mete.

2. Semangka
Penyebab utama sakit kepala adalah dehidrasi. Oleh karena itu, makanlah buah yang mengandung banyak air. Semangka bisa menjadi solusi meredakan sakit kepala Anda, karena semangka mengandung mineral esensial yang menjadi kunci menghindari sakit kepala. Tidak hanya semangka saja, ada beberapa buah-buahan lain yang banyak mengandung air. Jika tidak ada semangka, Anda bisa menggantinya dengan melon, tomat dan timun.

3. Jahe
Selain menjadi obat untuk mual, jahe memiliki sifat anti-peradangan dan anti-histamin juga berguna untuk memerangi sakit kepala. Masaklah jahe tersebut atau kombinasikan dengan minuman lain seperti teh.

4. Kentang rebus
Memakan kentang rebus dapat membantu Anda meredakan sakit kepala, khususnya sakit kepala yang disebabkan oleh alkohol. Alkohol ternyata membuat orang kehilangan elektrolit seperti potasium. Memakan makanan yang kaya akan potasium akan membantu meredakan sakit kepala akibat alkohol. Sebuah kentang rebus (beserta kulitnya) mengandung potasium paling banyak, yakni 721 miligram seperti dikutip dari Womansday.

5. Pisang
Pisang tidak hanya kaya akan potasium tetapi juga magnesium (pisang ukuran sedang mengandung 10% dari rekomendasi asupan harian Anda). Magnesium dapat meringankan migrain Anda dan sakit kepala akibat stres. Sejumlah penelitian telah menghubungkan antara kekurangan magnesium dan sakit kepala migrain. Penelitian menujukkan bahwa sekitar separuh dari semua penderita migrain memiliki magnesium terionisasi dalam darah dalam jumlah sedikit. Magnesium, yang dikandung dalam pisang, melindungi tubuh dari sakit kepala dengan cara merelaksasi pembuluh darah. Selain itu, magnesium memiliki efek menenangkan sehingga berguna untuk meredakan sakit kepala akibat tegang.

6. Kopi
Kafein dalam kopi bermanfaat sekaligus berbahaya bagi korban sakit kepala. Kafein merupakan zat yang umum dalam resep dan obat-obatan bebas untuk sakit kepala karena dapat meredakan rasa nyeri dan 40% lebih efektif dalam mengobati sakit kepala. Kafein juga membantu tubuh menyerap obat sakit kepala lebih cepat, sehingga obat tersebut lebih cepat bekerja. Kafein bisa menjadi pereda sakit kepala yang sangat efektif, terutama migrain, tetapi jika dikonsumsi terlalu banyak bisa membuat sakit kepala kembali kambuh.
Jadi, dianjurkan untuk meminum kopi tidak lebih dari 2-3 cangkir per hari.

Sumber: http://m.inilah.com/read/detail/1763395/ingin-sakit-kepala-hilang-makan-makanan-ini/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: