Yuk Tidur Siang agar Jantung Jadi Sehat


SAAT masih kecil, orangtua membiasakan Anda untuk tidur siang. Semenjak dewasa, Anda mulai melupakan kebiasaan itu karena tuntutan pekerjaan. Padahal tidur siang dapat menyeimbangkan tekanan darah dan jantung jadi sehat.


Demikian penelitian yang dilakukan Universitas Allegheny di Pennsylvania, Amerika Serikat. Tidur siang dapat meredakan kelelahan otak dan fisik akibat bekerja. Tidur siang pun mengenyahkan stres sehingga tekanan darah jadi lebih seimbang. Kelelahan akibat bekerja tentunya juga membuat jantung harus bekerja keras.

Peneliti Ryan Brindle dan Sarah Conklin melibatkan 85 orang relawan dalam penelitian. Relawan dibagi dalam dua kelompok. Satu di antaranya rutin tidur siang selama 60 menit. Sisanya tetap melakukan aktivitas seperti biasa.

Peneliti lalu memeriksa tekanan darah dan interval denyut nadi. Ternyata kelompok yang tidur siang memiliki keuntungan pada jantungnya.

Tingkat stress kedua kelompok memang tidak terpaut perbedaan yang besar. Tidur siang juga tak membantu menurunkan stress secara drastis. Namun, dibandingkan dengan yang tidak tidur siang, tekanan darah dan interval denyut nadi mereka yang tidur siang, lebih stabil.

“Dari hasil penelitian ini kami sangat menganjurkan tidur siang demi kesehatan jantung, menurut prediksi kami, tidur siang juga membantu meringankan beban stres dan pekerjaan. Memang masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang hal ini, namun problem kesehatan jantung dan penyakit lain berawal dari kualitas tidur yang kurang baik,” tutup Brindle dan Conklin.

Sumber: http://www.metrotvnews.com/mobile-site/text-detail.php?read=59181&tgl=2011-07-27

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: